PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA OLEH KONSUMEN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG MARISA KABUPATEN POHUWATO

Sr Dayani Ismail

Abstract


Penelitian berjudul Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Penggunaan jasa oleh konsumen pada PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Marisa Kabupaten Pohuwato bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari; produk (product), harga (price), (promosi (promotion), tempat (place), dan proses (process) baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan penggunaan jasa oleh konsumen pada PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Marisa Kabupaten Pohuwato.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam selang dua bulan yaitu bulan Mei sampai dengan Juni 2018. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 30 responden PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Marisa Kabupaten Pohuwato. Analisis data dilakukan dengan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bauran pemasaran yang terdiri dari Produk (X1), harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4) dan Proses (X5) Secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pengguna Jasa pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Marisa Kabupaten Pohuwato, (2) Bauran Pemasaran berupa Produk (X1) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Marisa Kabupaten Pohuwato sebesar 0,375 atau 37,5%, (3) Bauran Pemasaran berupa Harga (X2) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Marisa Kabupaten Pohuwato sebesar 0,291 atau 29,1%, (4) Bauran Pemasaran berupa Tempat (X3) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Marisa Kabupaten Pohuwato sebesar 0,89 atau 8,9%, (5) Bauran Pemasaran berupa Promosi (X4) secara parsial berpengaruh negatif dan namun signifikan terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Marisa Kabupaten Pohuwato sebesar - 0,283 atau 283%, (6) Bauran Pemasaran berupa Proses (X5) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Marisa Kabupaten Pohuwato sebesar 0,377 atau 37,7%.
Kata Kunci: Bauran, Pemasaran, Keputusan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.