STRATEGY BUSINESS DEVELOPMENT OF COMPANIES THROUGH SWOT ANALYSIS (Study at PT. Sido Muncul, Tbk Semarang District)

Anjar Afrianto, Djamaludin Malik, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk dan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dimiliki
oleh perusahaan dan juga untuk mengetahui alternative strategi yang dapat dipakai oleh perusahaan, dalam hal ini
adalah PT. Sido Muncul, Tbk. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa SWOT (Strength, Weakness,
Opportunities, Threats). Adapun yang dimaksud dengan analisis ini adalah untuk mengidentifikasi lingkungan
intern dan ekstern perusahaan dalam iklim persaingan dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis yang
sama. Analisis SWOT mencakup lingkungan ekstern dan lingkungan intern. Analisis lingkungan adalah suatu
proses yang digunakan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Didalam analisis SWOT
ini akan digunakan pendekatan secara kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan semua analisis tersebut
diatas, alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah dengan menggunakan matrik
SWOT. Matrik ini dapat menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi
perusahaan dapatdisesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki perusahaan tersebut. Matrik
dapat menghasilhan empat set kemungkinan alternatif strategi. Dengan menggunakan analisa SWOT dapat
diperoleh hasil bahwa perusahaan dapat mengambil alternatif stategi ST, WT, SO dan WO. Teknik analisis data
yang digunakan selanjutnya adalah menggunakan analisis visi dan misi, Tujuannya untuk memperjelas spesifikasi
perusahaan kedepannya. Dengan analisis ini setiap pertanyaan akan lebih mudah terjawab untuk lebih
memperjelas arah perusahaan.
Kata kunci : Sistem akuntansi manajemen, ketidak pastian tugas desentralisasi, Kinerja manjerial.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.