ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MORAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SWAST A DI KECAMAT AN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG

Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Pendidikan Dasar adalah menjadi pilar keberhasilan pendidikan ditingkat yang lebih tinggi. Keberhasilan dari sekolah dasar menjadi tujuan dari Negara dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk wadah serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya peningkatan kinerja dari para Guru sebagai garda terdepan dunia pendidikan.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar swasta di
Kecamatan Pedurungan Kota Semarang dengan jumlah sampel 105 responden dan teknik
pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Setelah. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation modeling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional terbukti
berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Moral terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Komitmen organisasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap org anizational citizenship behavior. Kepemimpinan transformasional terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Moral tidak terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Komitmen organisasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Organizational citizenship behavior terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.