Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik

Rudihastuti Rudihastuti

Sari


Penelitian ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII-B SMPN 2 Gubug Tahun Pelajaran 2016/2017 Pada Materi Pokok Aljabar”.Latar Belakang Masalah, salah satunya banyak ditemukan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal terutama yang berhubungan dengan materi Faktorisasi Bentuk Aljabar, maka diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang cocok salah satu alternatifnya adalah menerapkan pembelajaran Two Stay Two Stray untuk memecahkan masalah sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika.Dari hasil perhitungan keaktifan peserta didik siklus I pertemuan kedua dapat dilihat dari rata-rata mencapai 65,04% dengan kualifikasi penilaian cukup aktif (C) sedangkan untuk siklus II pertemuan kedua dapat dilihat rata-rata mencapai 70,67% dengan kualifikasi penilaian aktif (B). Dari hasil perhitungan analisis data uji kompetensi I dari 26 peserta didik yang mengikuti tes, diperoleh hasil bahwa pada siklus I yang mendapat nilai ≥ 75 ada 16 peserta didik dan yang mendapat nilai < 75 ada 10 peserta didik. Rata-rata kelas yang diperoleh adalah 77,81 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikalnya adalah 61,54% tuntas dan 38,46% belum tuntas. Sedangkan dari analisis data uji kompetensi II dari 26 peserta didik yang mengikuti tes, diperoleh hasil bahwa pada siklus II yang mendapat nilai  75 ada 25 peserta didik dan yang mendapat nilai < 75 ada 1 peserta didik. Rata-rata kelas yang diperoleh adalah 83,08 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikalnya adalah 96,15% tuntas dan 3,85% belum tuntas.
Kata kunci: Pembelajaran, two stay, to stray


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.