PELATIHAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PEMASARAN DALAM PERENCANAAN BISNIS BARU HOME INDUSTRI OLAHAN BERORIENTASI B2SA (BERAGAM, BERGIZI, SEIMBANG DAN AMAN) DI DESA KARANGSARI KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN DEMAK

Rekno Sulandjari

Sari


Masih adanya masyarakat di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak yang kurang mampu dalam berkomunikasi di depan umum sehingga kurang memaksimalkan UKM yang sudah ada di desa dalam proses pemasaran baik secara direct selling maupun bentuk publikasi yang lainnya. Dari potensi yang ada pada para dosen pengampu di Universitas Pandanaran dirasa cukup mampu melakukan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini. Hal ini sejalan dengan SK Pendirian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Pandanaran bernomor : 04/SK/YAM/IX/2010. Dimana salah klausalnya menyatakan bahwa tugas LPPM Unpand adalah sebagai penjembatan sekaligus memberikan support bagi para dosen untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian dengan memanfaatkan jaringan dan sponsor baik di dalam maupun di luar institusi.
Di samping juga sudah berpengalamannya Unpand dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat di beberapa desa dan kelurahan serta desa dan kota juga tingkat sekolah baik SD/SMP/SMA di Provinsi Jawa Tengah sejak tahun 1990 s.d sekarang. Bahkan beberapa instansi selain Kelurahan sendiri sudah mulai memesan juri untuk kegiatan lomba dari akademisi khususnya Prodi Hubungan Masyarat untuk menjadi Juri mendampingi Ibu Camat dan Tim Penggerak PKK dari pihak kelurahan. Yaitu pada Tahun 2015 di Kelurahan Pudak Payung Kecamatan Banyumanik dan Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah pada Tahun 2017 yang lalu.
Pada kegiatan Pengabdian pada Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan nuansa yang berbeda dengan adanya beberapa stimuli yang mendasarinya. Yaitu di antaranya adanya materi pada mata kuliah Kewirausahaan, Clinic Entrepreneur, Publisitas dan Penyelenggaraan Pameran, Goverment Relations, Lobby dan Negotiation, Marketing PR, Public Speaking, Retorika, Protokoler dan MC pada Program Studi Hubungan Masyarakat. Dimana kesemua mata kuliah itu sebagian besar diampu oleh anggota pengaju proposal pengabdian masyarakat ini. Dengan melihat potensi dan letak geografis Karangsari serta permasalahan yang timbul maka program kegiatan yang sesuai untuk dilaksanakan adalah “Pelatihan Berbicara Di Depan Umum Sebagai Salah Satu Upaya Pemasaran Dalam Perencanaan Bisnis Baru Home Industri Olahan Berorientasi B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang, Dan Aman) di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak”
Keywords: Pelatihan Berbicara, Depan Umum, Pemasaran, Bisnis Baru


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.