PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN SESUAI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) LABORATORIUM MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMA BINAAN KABUPATEN KENDAL SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Supriyanto Supriyanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru Biologi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai standar operasional prosedur laboratorium setelah diberikan bimbingan berkelanjutan di SMA Binaan Kabupaten Kendal Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 (lima) bulan yaitu mulai bulan Juli sampai dengan Nopember 2017. Tempat penelitian di SMA Binaan Kabupaten Kendal yaitu SMA Negeri 2 Sukorejo dan SMA Negeri 1 Cepiring, dengan mengambil subjek penelitian adalah guru Biologi sejumlah 2 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah, dengan menggunakan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan utama yaitu: planning (perencanaan), action (tindakan), observation (observasi), reflection (refleksi). Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara. observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai SOP laboratorium. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai SOP laboratorium dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata komponen SOP 71,05% dan pada siklus II 84,21%. Jadi, terjadi peningkatan 13,16% dari siklus I.
Kata kunci : Kemampuan Guru, SOP Laboratorium, Bimbingan Berkelanjutan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.