PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SEJARAH DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMA BINAAN KABUPATEN KENDAL SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Supriyanto Supriyanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Sejarah
dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui bimbingan
berkelanjutan di SMA Binaan Kabupaten Kendal Semester 1 Tahun Pelajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan selama 5 (lima) bulan yaitu mulai bulan Juli
sampai dengan Nopember 2016. Tempat penelitian di SMA Binaan Kabupaten
Kendal yaitu SMA Negeri 1 Sukorejo dan SMA Negeri 1 Cepiring, dengan
mengambil subjek penelitian adalah guru Sejarah sejumlah 2 orang.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah,
dengan menggunakan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan
utama yaitu: planning (perencanaan), action (tindakan), observation (observasi),
reflection (refleksi). Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode
wawancara. observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan berkelanjutan dapat
meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan
dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi
peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus . Pada
siklus I nilai rata-rata komponen RPP 60,71% dan pada siklus II 82,42%. Jadi,
terjadi peningkatan 21,71% dari siklus I.

Kata kunci : Kompetensi Guru, Menyusun RPP, Bimbingan Berkelanjutan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.