KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI NIAGA TERHADAP PELAYANAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI UNIVERSITAS PANDANARAN SEMARANG

Retno Djohar Juliani, Dewi Fatmasari

Sari


Mahasiswa adalah orang yang belajar di Perguruan Tinggi, baik di Universitas,
Institut atau akademi. Mereka yang terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi
dapat disebut sebagai mahasiswa. Tenaga kependidikan adalah karyawan yang
melaksanakan tugas- tugas tata laksana, pelayanan administrasi, teknis dan
tugas- tugas lainnya yang dianggap perlu. Dengan demikian tenaga kependidikan
adalah sumber daya manusia yang melaksanakan pelayanan akademik kepada
mahasiswa baik di Program Studi/Fakultas/Universitas. Pelayanan yang
diberikan tenaga kependidikan akan mempengaruhi kepuasan mahasiswa
terhadap perguruan tinggi. Kepuasan mahasiswa Program Studi Administrasi
Niaga terhadap pelayanan tenaga kependidikan diukur dengan indikator
Reability/Keandalan, Responsiveness/Ketanggapan, Assurance/Jaminan,
Empathy/Perhatian dan Tangible/bukti langsung. Skala yang digunakan untuk
mengukur kepuasan mahasiswa berjenjang lima yaitu Sangat Puas ( SP ) diberi
skor 5, Puas ( P ) diberi skor 4, Cukup Puas ( CP ) diberi skor 3, Tidak Puas ( TP
) diberi skor 2, Sangat Tidak Puas ( STP ) diberi skor 1. Jumlah responden
sebanyak 58 mahasiswa Program Studi Administrasi Niaga. Data dikumpulkan
dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini sebagai masukan untuk
peningkatan pelayanan tenaga kependidikan kepada mahasiswa di Program Studi
Administrasi Niaga.

Kata Kunci : Kepuasan, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.