MENGEDUKASI IBU RUMAH TANGGA UNTUK IKUT MEMUTUS MATA RANTAI PENULARAN COVID-19 DENGAN PEMBAGIAN MASKER SECARA GRATIS DI KELURAHAN PEDURUNGAN TENGAH KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG

Retno Djohar Juliani, Dewi Fatmasari, Sinta Petri Lestari

Sari


Berbagai upaya dilakukan untuk menghadapi penyebaran wabah Virus Corona Covid -19 yakni dengan menjalankan protokol kesehatan. Perguruan tinggi dapat dikatakan sebagai tangan panjang dari pemerintah karena dapat membantu pemerintah ikut mengedukasi masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari – hari. Dengan menjalankan protokol kesehatan maka dapat ikut memotong mata rantai penularan Virus Corona Covid -19. Bagi masyarakat yang tetap harus bekerja demi memenuhi kebutuhan hidupnya maka perlu diberikan edukasi, tidak hanya masyarakat yang bekerja bahkan para ibu rumah tangga yang tidak bekerjapun juga sangat penting untuk diedukasi karena mereka justru sering berinteraksi dengan anggota keluarga, para tetangga atau ibu rumah tangga yang lain sehingga justru lebih  membutuhkan edukasi.

Protokol kesehatan 3M yang dicanangkan oleh pemerintah meliputi Memakai masker, Mencuci tangan (memakai sabun dan menggunakan air mengalir) dan Menjaga jarak. Di Kelurahan Pedurungan Tengah ibu rumah tangga yang tidak bekerja ketika berinteraksi dengan tetangga atau ibu rumah tangga yang lain kurang tertib dalam penggunaan masker, kurang memperhatikan pentingnya untuk menggunakan masker, bahkan mereka tidak mengganti masker (dipakai berkali- kali) dengan alasan apabila membeli masker maka harus menyisihkan sebagian uang belanja untuk membeli masker. Hal inilah yang mendorong tim pengabdian masyarakat untuk mengeduksi dengan cara memberikan masker secara gratis.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada bulan Maret tahun 2022 bertempat di RT 01, 02, 03, 04, 05 RW 14 Kelurahan Pedurungan Tengah. Tahapan dalam kegiatan ini meliputi menyiapkan masker, pembuatan poster yang terkait dengan bahaya Virus Corona Covid -19 dengan tema disiplin menggunakan masker dan mencuci tangan dengan benar,  mengedukasi  penggunaan masker dan mencuci tangan secara benar, pembagian masker gratis dan dokumentasi kegiatan.  Dengan adanya program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para ibu rumah tangga semakin waspada dan peduli terhadap kesehatan diri sendiri, kesehatan keluarga dan kesehatan di lingkungan dimana mereka tinggal. Dengan kegiatan pengabdian ini maka diharapkan masyarakat lebih memahami tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan sekaligus memutus mata rantai penularannya.

Kata kunci : edukasi, mata rantai, masker gratis


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.