PENGARUH KEPRIBADIAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LINGKUNGAN TEKNOLOGI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA REMAJA LULUSAN SMA DI KELURAHAN BUGANGAN SEMARANG TIMUR

Maria Magdalena Minarsih

Sari


Era globalisasi saat ini menyebabkan banyak perubahan, terutama di dunia kerja. Pengurangan tenaga kerja karena penggunaan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar menyebabkan perubahan komposisi tenaga kerja. Hal ini yang mendorong masyarakat /para lulusan untuk beralih ke bidang pekerjaan yang lain salah satunya berwirausaha. Beberapa faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha antara lain kepribadian, lingkungan kerja dan lingkungan teknologi. Kepribadian merupakan dorongan/motivasi dari masing masing individu untuk berwirausaha.Lingkungan keluarga merupakan faktor ekstern yang mendorong remaja/lulusan untuk berwirausaha. Lingkungan teknologi merupakan lingkungan ekstern yang berkaitan dengan penggunaan digital di Era Globalisasi. Ketiga faktor tersebut yang akan menjadi variabel variabel dalam penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga variabel mempunyai hubungan positif dan significan terhadap minat berwirausaha. Dengan hasil penelitian ini diharapakan minat berwirausaha di kalangan remaja akan meningkat.

Kata kunci : minat berwirausaha, kepribadian,lingkungan kerja, lingkungan teknologi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.