Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Materi Penyimpangan Sosial melalui Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together Bagi Siswa Kelas XD SMAN 1 Rowosari Semeser 2 Tahun Pelajaran 2015/2016

Retnosari Widiastuti

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Rowosari  di Kelas XD yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Sosiologi cukup rendah. Prestasi belajar siswa kelas XD di semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 pada pada kompetensi dasar terakhir belum mendapatkan nilai yang memuaskan  dengan prestasi belajar baru mencapai rata-rata = 67,4

            Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif.

            Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi penyimpangan sosial bagi siswa kelas XD semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat 59% untuk keaktifan belajar siswa dan 60% untuk prestasi belajar dengan nilai rata-rata 75,6.  Dari Siklus I ke  Siklus II naik 90% untuk aktivitas belajar dan 92% untuk prestasi belajar dengan nilai rata-rata 84,04.

            Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi Penyimpangan Sosial bagi siswa kelas XD semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar, model pembelajaran Number Head Together.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.