PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KOMPETENSI DASAR MENUNJUKKAN SIKAP POSITIF TERHADAP KONSTITUSI NEGARA MELALUI DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS X-C SEMESTER 2 (STUDI KASUS PADA : SMA NEGERI I ROWOSARI TAHUN PELAJARAN 2015-016)

ZULIYANTO ZULIYANTO

Sari


Berdasarkan identifikasi masalah hasil belajar awal siswa kelas X-C SMA N 1 Rowosari pada kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi negara , rata-rata nilai yang dicapai hanya 68,1, berbagai hal telah diusahakan untuk menyajikan materi namun hasilnya kurang memuaskan. Untuk itu peneliti mencari perbaikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Diskusi kelompok . Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu Pra-siklus, Siklus 1, dan Siklus 2, dalam menggunakan 4 tahapan tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan menggunakan pendekatan Diskusi Kelompok.

Dalam pembelajaran ini satu kelas dibagi 5 kelompok secara acak dengan dihadapkan pada permasalahan dalam kenyataan sehari-hari. Desain penelitian ini adalah PenelitianTtindakan Kelas (classroom action research). Sumber data berasal dari aktivitas pembelajaran siswa kelas XC SMA Negeri 1 Rowosari dengan penerapan metode diskusi kelompok. Pengumpulan data dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi, dokumen atau arsip.

Dari tindakan-tindakan yang dilaksanakan dalam penelitian ini, diperoleh hasil analisis pada ulangan  pra-siklus jumlah siswa yang berhasil (tuntas) adalah 13 siswa atau mencapai 56%, pada siklus-1 diperoleh jumlah siswa yang berhasil (tuntas) adalah 18 siswa atau mencapai  75%, dan pada pada siklus ke-2 jumlah siswa yang berhasil (tuntas) adalah 22 siswa atau mencapai 91,69%. Hasil dari tiap siklus menunjukkan  peningkatan dari tiap siklusnya.  . Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa metode diskusi kelompok sangat efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada kompetensi dasar menunjukkan sikap positip terhadap konstitusi Negara pada siswa XC SMA Negeri 1 Rowosari tahun pelajaran 2015-2016.

Kata Kunci : Diskusi kelompok, peningkatan hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.