Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Tentang Kebijakan Pemerintah di Bidang Ekonomi melalui Permainan Otak Atik Kata bagi Siswa Kelas X-F SMAN 1 Rowosari Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017

Supriadi Supriadi

Sari


Mata pelajaran Ilmu Ekonomi kelas X SMA dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada semester 2 banyak berisi materi yang sarat dengan teori dengan alokasi waktu pertemuan yang sedikit sehingga pemberian materi kepada siswa tidak optimal. Dalam kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru, terbukti pembelajaran yang dilaksanakan banyak menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang berinteraksi secara maksimal dalam proses belajar mengajar, guru belum memanfaatkan berbagai strategi pembelajaran, dan tidak memanfaatkan pendekatan maupun model – model pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik akibatnya siswa merasa jenuh, bosan, dan pasif pada waktu proses belajar mengajar mata pelajaran Ilmu Ekonomi berlangsung.
Berdasarkan analisis hasil ulangan harian masih banyak peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM hal ini terbukti 67% (20 anak) mengalami kesulitan belajar tentang kebijakan pemerintah dibidang ekonomi, hanya 33 % (10 anak) yang bisa tuntas belajar dengan Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM) 75 dengan nilai rata-rata 68 %, nilai tertinggi 82 dan nilai terendah 25.
Kata kunci : Kebijakan Pemerintah, Otak Atik Kata, Prestasi Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.