STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI MEBEL DALAM MENEMBUS PASAR GLOBAL MELALUI ANALISIS SWOT (Studi Kasus pada CV Mandiri Abadi Jepara)

Nur Fidiyati, Djamaludin Malik, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat bagi CV Mandiri Abadi Jepara untuk menembus pasar global dengan terlebih dahulu mengidentifikasi situasi perusahaan saat ini, menilai faktor-faktor internal perusahaan dan eksternal lingkungan yang mempengaruhi perusahaan tersebut. Hal ini dianalisis dengan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat).
Penelitian ini dilakukan dilakukan dengan metode survey (wawancara dan kuisioner) pada Pimpinan Perusahaan CV Mandiri Abadi, Manager Representative, dan General Manager. Hasilnya kemudian dianalisis dengan metode Analisis SWOT yang terdiri dari Analisis Internal SAP dan Analisis Eksternal ETOP. Faktor-faktor internal, eksternal, posisi dan jenis usaha serta strategi perusahaan tidak dibandingkan, melainkan saling menjelaskan dan mempengaruhi variabel lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan adalah Strategi INVEST, dimana posisi perusahaan berada pada posisi AMAN (Favorable), dan jenis usahanya adalah IDEAL. Strategi investasi berarti lingkungan perusahaan untuk mendukung untuk melakukan investasi dan kemudian menuai hasilnya.
Kata Kunci : Strategi Perusahaan, SWOT, SAP, ETOP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.