PENGARUH NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP RETURN SAHAM YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI KASUS PERUSAHAAN LQ 45 PERIODE JANUARI 2012 - DESEMBER 2015)

Devi Prasetioningsih, Edward Gagah, Azis Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh nilai tukar rupiah terhadap return saham periode januari 2012 sampai desember 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan publikasi bulanan saham yang aktif di bursa saham indonesia. Setelah melewati tahap purposive sample, maka sampel yang layak digunakan sebanyak 5 perusahaan yang go public. Teknik analisis data dalam peneltian ini menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai tukar rupiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Hasil peneltian juga menunjukkan nilai adjusted R2 20%. Hasil uji t menunjukkan nilai konstanta sebesar 1581,208. hal ini menunjukkan bahwa jika variabel-variabel independen diasumsikan dalam keadaan tetap, maka variabel dependen return saham menjadi sebesar 1581,208%. Nilai variabel nilai tukar rupiah sebesar -0,133, berarti variabel X memiliki tanda negatif. sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,013 menandakan lebih kecil dari 0,05 maka asumsi dari analisis regresi variabel nilai tukar rupiah mempunyai arah negatif dan signifikan terhadap return saham. Pemerintah perlu mengimplementasikan kebijakan yang pro rakyat dan pro investor terutama dalam menjaga stabilitas perdagangan impor maupun ekspor, dengan adanya kebijakan tersebut maka diperlukan penelitian lebih lanjut.
Kata kunci : nilai tukar rupiah, return saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.