PENGARUH JOB INSECURITY, FOKUS KERJA DAN STATUS KERJA TERHADAP TURN OVER PEGAWAI PADA PT MULIA FORM GRAFIDO

Imam Sururi, Azis Fathoni, Moh Mukeri Warso

Abstract


Keberadaan sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan memegang peranan sangat penting. Dunia bisnis sekarang dituntut menciptakan kinerja karyawan yang tinggi untuk pengembangan perusahaan. Perusahaan harus mampu membangun dan meningkatkan kinerja di dalam lingkungannya. Dalam meningkatkan kinerja karyawannya perusahaan menempuh beberapa cara misalnya melalui pemberian kompensasi yang layak, pemberian motivasi, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, pendidikan, dan pelatihan. Dewasa ini, semakin ketatnya tingkat persaingan bisnis mengakibatkan perusahaan dihadapkan pada tantangan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup.
Penelitian ini dilakukan pada PT. Muliaform Grafido. Penelitian ini menggunakan Job Insecurity sebagai variabel independen, Fokus Kerja dan Status Kerja sebagai variabel intervening, dan Turn Over sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Job Insecurity terhadap Fokus Kerja dan Status Kerja karyawan melalui motivasi kerja sebagai variable intervening. Sampel yang digunakan adalah karyawan PT. Muliaform Grafido dimana jumlah sampel yang ditetapkan pada penelitian ini sebanyak 25 responden dengan menggunakan metode simple random sampling. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji model, analisis regresi linier dan intervening.
Data - data yang telah di olah dengan menggunakan program SPSS menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = -3,484 + 0,082 X1 + 0,946 X2 + 0,189 X3 Berdasarkan uji-t yang dilakukan dan hasil analisis regresi linier 1 di atas dapat diketahui bahwa Job Insecurity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turn Over dan pada hasil analisis regresi linier 2 diketahui bahwa Fokus kerja dan Status Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turn Over.
Kata kunci : Job Insecurity, Status kerja, Fokus Kerja, Turn Over.
ABSTRACT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.