ANALISIS PENGARUH PENERAPAN STRUKTUR GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus di Perusahaan Rokok yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Tutut Istiana, Leonardo Budi Hasiholan, Azis Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh good corporate governance terhadap kinerja perusahaan di Indonesia. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah jumlah dewan direksi, proporsi komisaris independen dan kepemiikan institusional sebagai mekanisme internal corporate governance. Kinerja perusahaan diukur dengan Tobin’s Q dan ROA.
Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling terhadap perusahaan rokok yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Sebanyak 4 perusahaan digunakan sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara mekanisme internal corporate governance terhadap kinerja perusahaan. Jumlah dewan direksi dan proporsi komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Hal ini berarti bahwa mekanisme internal corporate governance tidak begitu berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.
Kata kunci: good corporate governance, jumlah dewan direksi, proporsi komisaris independen, kinerja perusahaan, ROA, and Tobin’s Q.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.