EFFECT OF PROMOTION, PRICE AND QUALITY PRODUCTS ON THE IMPROVEMENT OF SALES INCREASING OF EAST CHIRPY BRAND IN PT. MATAHARI SAKTI AREA CENTRAL JAVA

Maghfur Maghfur, Andi Tri Haryono, Moh Mukeri Warso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi terhadap peningkatan omset penjualan pada PT. Matahari Sakti Area Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pembeli pakan burung Chirpy produksi PT. Matahari Sakti di Jawa Tengah, sedangkan sampelnya adalah 96 responden, yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah : promosi berpengaruh positif terhadap omzet penjualan, artinya apabila promosi semakin meningkat, yaitu tema promosi, frekuensi promosi dan media promosi, maka omzet penjualan akan semakin meningkat. Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, artinya apabila harga semakin sesuai, yaitu kesesuaian harga dengan kualitas, harga sebanding dengan produk sejenis dan harga terjangkau oleh konsumen, maka omzet penjualan semakin meningkat. Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, artinya apabila kualitas produk yang di ukur dengan indikator kualitas bahan baku, variasi kemasan dan kebersihan produk dalam kemasan semakin meningkat, maka omzet penjualan akan semakin meningkat.
Kata kunci : Promosi, Harga, Kualitas Produk dan Omzet Penjualan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.