PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK KOMPOR GAS QUANTUM PADA PT. ADITEC CAKRAWIYASA DI KOTA SEMARANG

Iir Anam Sutarto, Djamaludin Malik, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk,
harga, promosi, dan distribusi terhadap volume penjualan kompor gas Quantum pada PT. Aditec
Cakrawiyasa Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh konsumen yang melakukan pembelian produk
kompor gas Quantum di Kota Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan
teknik nonrandom sampling khususnya menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan kuesioner, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh persamaan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa
variabel produk, harga, promosi, dan distribusi yang digunakan mempunyai penga ruh yang positif
terhadap volume penjualan. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,759 , yang berarti bahwa variabel
produk, harga, promosi, dan distribusi dapat menjelaskan variasi variabel volume penjualan sebesar
75,9%. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji statistik t menyatakan bahwa secara parsial produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, harga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap volume penjualan, promosi berpengaruh positif dan si gnifikan terhadap volume penjualan, dan
distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Dari hasil uji simultan
diketahui bahwa produk, harga, promosi, dan distribusi secara bersama-sama mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Volume Penjualan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.