ENGARUH KUALITAS PELAYANAN, INOVASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Perusahaan Konveksi Kartini Semarang).

Mia Tri Fatmawati, Leonardo Budi Hasiholan, Eko Hadi Wahyono

Abstract


Perkembangan departement store dan toko baju merupakan salah satu bentuk usaha
yang semakin marak dan berkembang di indonesia.terbukti semakin banyaknya
industri rumahan diberbagai sudut kota. Sehingga pesaing ini mengharuskan para
pelaku bisnis memperhatikan keinginan konsumen yang cepat berubah. Dalam
perspektifitasnya, konsumen cenderung memperhatikan nilai – nilai kepuasan yang
sudah dirusaknya.sebagai konsekuensinya setiap usaha perlu memperhatikan
kualitas pelayanan yang diberikan sehingga mampu memenuhi tuntutan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelaanan,
inovasi dan harga terhadap keputusan pembelian terhadap konveksi kartini
keputusan pembelian keputusan pembelian. . konveksi kartini harus mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya. Konveksi kartini harus
membuat beberapa perbaikan dan inovasi yang dapat meningkatkan kepuasan
pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis seberapa besar pengaruh
kualitas pelayanan, inovasi dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah Incidental Sampling Method. Sampel
dalam penelitian ini adalah 69 orang pelanggan dari konveksi kartini, semarang dan
kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan
analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan
realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui
uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R
2
). Data-data yang telah
memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga
menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,003X1 + 0,576X2 +
0,438X3 Dimana variabel Kepuasan Pelanggan (Y), variabel Kualitas Pelayanan
(X
1), variabel Harga (X2) dan variabel Lokasi (X
3
). Pengujian hipotesis
menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti
terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen
Kepuasan Pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga
variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel
dependen Kepuasan Pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,825
menunjukkan bahwa 82,5 persen variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan
oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya
sebesar 17,5 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang
digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas pelayanan, inovasi, harga dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.