ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN GAYA HIDUP MODERN TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK BERLANGGANAN INTERNET TV KABEL MNC PLAY (Studi kasus pada PT. MNC Kabel Mediacom Semarang)

Rustantik Rustantik, Leonardo Budi Hasiholan, Eko Hadi Wahyono

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan hiburan di rumah yang
semakin meningkat, berimbas pada ketatnya Persaingan dalam dunia bisnis teknologi,
dengan munculnya beberapa provider internet dan TV berlangganan. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh dari variabel harga, kualitas pelayanan, promosi dan
gaya hidup terhadap keputusan berlangganan produk Internet dan TV kabel dari MNC
Play.
Seteleh dilakukan tinjauan pusataka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan
melalui metode kuesioner terhadap 160 orang pengguna Internet dan TV kabel MNC
Play di Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan data secara
kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi : uji validitas dan reliabilitas,
analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis
koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan intepretasi dari data -data
yang diperoleh dalam penelitiam serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan
dengan memberi keterangan dan penjelasan.
Dari hasil analisis, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan
reliabel. Dan variabel yang berpengaruh terhadap keputusan berlanggan adalah variabel
harga,promosi dan gaya hidup, sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berlangganan.
Kata kunci: Keputusan pembelian konsumen, harga, kualitas pelayanan, promosi dan
gaya hidup.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.