PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Guru SMK Teuku Umar Semarang)

Taufiq Ridho Kurniawan, Heru Sri Wulan, Eko Hadi Wahyono

Abstract


Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru di SMK Teuku Umar
Semarang populasi ini totalnya sebanyak 63 guru. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik sensus, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel/responden. Variabel penelitian
ini terdiri dari budaya organisasi, kepemim pinan kepala sekolah, dan kompetensi guru sebagai
variabel bebas, kepuasan kerja sebagai variabel intervening, dan kinerja guru sebagai variabel
terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan
dengan nilai koefisien regresi 0,316 dan antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja
dengan t hitung 2,004 > t tabel 1.669. Ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai
koefisien regresi 0,336 dan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja
dengan t hitung 2.272 > t tabel 1.669. Ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai
koefisien regresi 0,309 dan antara kompetensi guru dengan kepuasan kerja dengan t hitung
1.689 > t tabel 1.669. Adanya pengaruh secara bersama-sama antara budaya organisasi,
kepemimpinab kepala sekolah, dan kompetensi guru terhadap kepuasan kerja dengan nilai F
hitung 4,429 > F tabel 2,75 dengan nilai signifikansi 0,007. Adanya pengaruh yang positif dan
signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru dengan nilai koefisien regresi 0,235
dengan t hitung 1,703 > t tabel 1.669 dengan nilai signifikansi 0,094.
Dari uji analisis pathada pengaruh mediasi kepuasan kerja dalam memediasi
hubungan antara budaya organisai terhadap kinerja guru, hal tersebut dibuktikan dengan nilai
koefisien jalur pengaruh langsung Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru sebesar 0,323,
sedangkan total pengaruh tidak langsungnya 0,394. ada pengaruh mediasi kepuasan kerja
dalam memediasi hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, hal
tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien jalur pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala
Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 0,324, sedangkan total pengaruh tidak langsungnya
0,402, ada pengaruh mediasi kepuasan kerja dalam memediasi hubungan antara kompetensi
guru terhadap kinerja guru, hal tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien jalur pengaruh
langsung Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru sebesar 0,373, sedangkan total pengaruh
tidak langsungnya 0,445.
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru,
Kepuasan Kerja, Kinerja Guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.