THE EFFECT OF MARKETING MIX, WORD OF MOUTH AND TRUST ON THE DECISION IN PANDANARAN UNIVERSITY SEMARANG (CASE STUDY OF ECONOMICS AND BUSINESS FACULTY STUDENTS)

Bayuwana Bayuwana, Eko Hadi Wahyono, Cicik Harini

Abstract


Pengambilan keputusan kuliah merupakan keputusan mahasiswa untuk melanjutkan studi pada tempat studi yang diinginkan adalah suatu keputusan dimana mahasiswa melakukan pertimbangan pertimbangan yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Selama proses menentukan pilihan mahasiswa cenderung mempertimbangkan sebuah universitas dari segi bauran pemasaran, Word of Mouth dan, kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran, Word of Mouth dan kepercayaan terhadap keputusan kuliah di Universitas Pandanaran Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang angkatan 2015-2017 sebanyak 577 orang mahasiswa. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 400 Mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara bauran pemasaran terhadap keputusan kuliah, (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Word of Mouth terhadap keputusan kuliah, (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kepercayaan terhadap keputusan kuliah, (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara bauran pemasaran, Word of Mouth dan kepercayaan terhadap keputusan kuliah. Saran yang di berikan yaitu dosen dalam mengajar interaktif dan mudah di mengerti serta menjalin komunikasi yang baik dengan mahasiswa. Universitas Pandanaran Semarang perlu membentuk citra institusi yang baik dengan selalu menyuguhkan pelayanan yang berkualitas agar dapat meningkatkan word of mouth positif
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Word of Mouth, Kepercayaan, Keputusan Kuliah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.