ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF SIZE, LEVERAGE, AND INSTITUTIONAL OWNERSHIP ON CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE WITH PROFITABILITY AS MODERATING VARIABLES (Empirical Study on Construction & Building Sub Sector Service Companies Registered at IDX Period 2013-2017)

Dwi Cristy Indah Larasaty, Azis Fathoni, Dheasey Amboningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris dampak profitabilitas sebagai variabel moderating dalam penerapan size, leverage, dan kepemilikan institusional sebagai tolak ukur pengungkapan corporate social responsibility. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility, sedangkan variabel independen yaitu size, leverage, dan kepemilikan institusional, dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Populasi pada penelitian ini 16 perusahaan Jasa sub sektor Konstruksi dan Bangunan yang terdaftar di IDX periode tahun 2013-2017 dan didapat 8 sampel dengan total 40 pengamatan. Pengambilan data dalam penelitian ini diambil dari data dokumentasi yaitu data sekunder dengan metode pengambilan data yaitu purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 25 dan uji Asumsi Klasik. Dimana data yang di uji menggunakan koefisien determinasi, uji sobel (sobel test) dan uji t-statistik sebagai penguji koefisien regresi parsial dan simultan pada level signifikan (0,05). Selain itu data di analisis dengan statistik deskriptif dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil pengujian menunjukan bahwa Size, Leverage, dan Kepemilikan Institusional bersama-sama secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility. Secara parsial Size, Levarage, dan Kepemilikan Institusional berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian MRA (Moderating Regression Analyze) menunjukkan Profitabilitas dalam hubungan antara Size, Leverage, dan Kepemilikan Institusional terhadap Corporate Social Responsibility bukan Pure Moderator.
Kata Kunci : Size, Leverage, Kepemilikan Institusional, Profitabilitas, Corporate Social Responsibility.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.