THE INFLUENCE OF SOCIAL CAPITAL, CAPITAL CAPACITY, AND TECHNOLOGICAL ADAPTABILITY TO COMPETITIVE ADVANTAGE OF SMEs WITH ORGANIZATIONAL CAPABILITY AS A MEDIATING VARIABLE (STUDI PADA UKM BATIK DI KOTA SEMARANG)

Heni Irmawati, Andi Tri Haryono, Eko Hadi Wahyono

Abstract


Setiap usaha harus mempunyai keunggulan bersaing, agar dapat bertahan dan berjalan dengan baik, menjelaskan faktor penentu keunggulan bersaing dari suatu usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pengaruh modal sosial, kapasitas permodalan, dan kemampuan adaptasi teknologi terhadap keunggulan bersaing UKM dengan kapabilitas organisasi sebagai variabel mediasi Pada UKM Batik di Kota Semarang. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah variabel bebas, terikat, dan mediasi. Dalam penelitian ini populasi yang akan diteliti ialah UKM Batik di Kota Semarang Semarang yang jumlahnya sebanyak 211 unit usaha dan sampel 68 responden setelah dhitung menggunakan rumus Slovin. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis atau analisis jalur. Hasil dari penelitian ini adalah mosal sosial dan kemampuan adaptasi berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Sedangkan kapasitas permodalan berpengaruh tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing. Modal sosial, kapasitas permodalan dan kemampuan adapatasi berpengaruh signifikan terhadap kapabilitas organisasi. Selain itu, kapabilitas organisasi juga berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Kata Kunci : Modal Sosial, Kapasitas Permodalan, Kemampuan Adaptasi Teknologi, Keunggulan Bersaing, Kapabilitas Organisasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.