PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING BERBASIS KAPABILITAS PENGINDERAAN PASAR , INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA DISTRO DISTICTSIDES SEMARANG

Wahyu Saputro, Andi Tri Haryono, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis kapabilitas penginderaan pasar, inovasi produk, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening.. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh konsumen yang membeli di distro Districtsides Semarang, dengan jumlah sampelnya sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu dikhususkan pada konsumen yang membeli di distro Districtsides Semarang yang berumur di atas 18 tahun.. Alat analisisnya adalah regresi linier berganda dengan analisis jalur dan sobel test, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kapabilitas penginderaan pasar, inovasi produk dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Kapabilitas penginderaan pasar, inovasi produk dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing mampu menjadi variabel intervening antara kapabilitas penginderaan pasar dengan kinerja pemasaran, keunggulan bersaing mampu menjadi variabel intervening antara inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, dan keunggulan bersaing mampu menjadi variabel intervening antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran
Kata Kunci : Kapabilitas penginderaan pasar, inovasi produk, orientasi pasar keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.