THE INFLUENCE OF VIRAL MARKETING, REFERENCES GROUP, AND RECEIVED VALUE ON DECISIONS TO CHOOSE COLLEGE IN MANAGEMENT STUDY PROGRAMS PANDANARAN UNIVERSITY, SEMARANG

Ian Dwi Yulianto, Azis Fathoni, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing viral, kelompok referensi, dan nilai yang diterima terhadap keputusan memilih berkuliah di fakultas ekonomi manajemen Universitas Pandanaran. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 88 responden yang diambil dari populasi mahasiswa fakultas ekonomi prodi manajemen tahun angkatan 2014-2019. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji F. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa marketing viral berpengaruh positif terhadap keputusan memilih dengan nilai signifikansi sebesar 0,006. Sementara itu, variabel kelompok referensi, dan nilai yang diterima tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih. Sedangkan variabel Marketing
Viral (X1), Kelompok Referensi (X2), Nilai yang diterima (X3) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan mahasiswa memilih berkuliah di fakultas ekonomi manajemen Universitas Pandanaran.

Kata Kunci : marketing viral, kelompok referensi, nilai yang diterima dan keputusan memilih


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.