THE INFLUENCE OF LOYALTY AND COMMUNICATION DISCIPLINE ON EMPLOYEE PERFORMANCE WITH JOB SATISFACTION AS AN INTERVENING VARIABLE AT THE PUBLIC FUELING STATION

Eko Purwanto, Heru Sri Wulan, Adji Seputra

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Pengaruh Disiplin kerja loyalitas dan komunikasi terhadap kinerja karyawan kepuasan kerja sebagai variable intervening pada Stasiun pengisian bahan bakar umum (spbu) di kecamatan Tembalang. Populasi dalam penelitian ini adalah 115 orang di spbu
kecamatan tembalang Kota Semarang yang sudah ditentukan kriterianya. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode sensus, dengan menjadikan 115 orang di SPBU Kecamatan Tembalang .Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Uji Validitas signifikan pearson correlation lebih besar dari r table, dimana r table sebesar 0,176 (rhitung>rtabel, 2) Uji Reliabilitas koefisien cronbach alpha lebih besar dari 0,7. 3) Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari 1) Uji Normalitas terdistribusi normal probabilitas yang dihasilkan 0,948. 2) Uji multikolinearitas tolerance dan VIF dari X1 0,775 dan 1,291. X2 0,917 dan 1,090. X3 0,810 dan 1,234. 3) Uji Heterokesdasitas signifikan X1 0,291. X2 0,539 X3 0,947. Tidak terjadi heterokesdastisitas karena tingkat signifikan lebih dari 0,05 4) Analisis path model 1 R Square 0,584. 5) Diagram Analisis path model 2 (X1-Z 0,340) (X2-Z 0,361) (X3-Z 0,358) (X1-Y 0,176) (X2-Y 0,142) (X3Y 0,095) (Z-Y 0,683) (Fhitung 68,175 ) (Fhitung 82,690).Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bagi SPBU di kecamatan tembalang manajemen diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan disiplin kerja loyalitas kerja komunikasi kerja pada karyawan serta meningkatkan kepuasan kerja pada karyawan guna meningkatkan kinerja karyawan sehingga memberikan dampak positif terhadap perusahaan.

Kata Kunci : Disiplin, Loyalitas, Komunikasi, dan Kepuasan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.