APPLICATION OF MARKETING STRATEGY TO IMPROVE SALES OF 3W NETWORK PRODUCTS USING SWOT ANALYSIS (Case Study at PT. AJ Central Asia Raya Semarang Branch)

Iwan Septiyanto, Djamaludin Malik, Cicik Harini

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pemasaran yang sudah direncanakan atau dijalankan di PT. AJ Central Asia Raya Cabang Semarang dalam hal menjual produk 3i Network kepada pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan lama menggunakan penelitian deskriptif
kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara secara langsung dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini
adalah karyawan dan director agency di PT. AJ Central Asia Raya Cabang Semarang dan sampel yang digunakan juga karyawan dan director agency yang ada di PT. AJ Central Asia Raya Cabang Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, angket/kuesioner dan riset kepustakaan kualitatif dengan bukti-bukti terlampir di lampiran. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang digunakan PT. AJ Central Asia Raya Semarang dengan menggunakan strategi diversifikasi atau strategi inovasi. Dengan menggunakan analisis SAP dan ETOP PT.AJ Central Asia Raya Cabang Semarang berada pada posisi internal yang kuat dan posisi eksternal pada usaha spekulatif. Maka perusahaan PT.AJ Central Asia Raya Cabang
Semarang berada pada posisi investasi untuk mengembangkan produk 3i Network dengan  inovasi yang semakin gencar untuk meningkatkan omset perusahaan.
Kata Kunci : Marketing Mix, Analisa Eksternal, Analisa Internal, Strategi Pemasaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.