THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER SATISFACTION (Study at Mr. K Café Semarang)

Kholilul Anam, Andi Tri Haryono, Azis Fathoni

Abstract


Kualitas pelayanan tentu sangat mempengaruhi keputusan pelanggan dalam
menentukan kafe yang mereka kunjungi. Namun demikian, masalah harga yang ditawarkan
oleh pihak kafe juga mempunyai pengaruh terhadap pelanggan. Oleh sebab itu, kepuasan
pelanggan menjadi hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh pihak kafe di setiap
situasi. Bila pelayanan yang diberikan melebihi atau sesuai dengan harapan, maka
diharapkan pelanggan akan puas dan berkunjung kembali di lain waktu. Namun sebaliknya,
apabila mereka tidak puas maka mereka akan beralih ke tempat lain.
Kafe Mr K Semarang mempunyai konsep yang baru dalam pelayanannya terhadap
pengunjung namun pada ujungnya nilai kepuasan pelanggan belum terlihat dari sisi yang
jelas diakarebakan beberapa model pengukuran kepuasan pelanggan belum lah teruji secara
ilmiah. Penelitian ini menggunakan Rumusan Regresi Berganda dengan mengukur
kemampuan variable variabelnya yakni Kualiats Pelayanan (X1) dan Harga (X2)
Sampel yang digunakan adalah sekitar 100 pelanggan Mr K Café. Hasil penelitian ini
menujukkan bahawa ada pengaruh positive dari Variabel kewira usahaan dengan koefisien
regresi bertanda positif mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
Diperoleh juga Koefisien regresi sebesar 0.269 yang berarti jika pengaruh dua variable
independen akan meningkatkan kekuatan Kepuasan mengalami peningkatan 26,9 persen
dengan asumsi variabel lain konstan,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.