CREATIVE INDUSTRY DEVELOPMENT STRATEGY TO IMPROVE THE COMPETITIVENESS OF LOCAL ECONOMIC PLAYERS (Case Study at the Center for MSME, Central Java Province, Confectionery and Beverages)

Tomi Setiyawan, Dheasey Amboningtyas, Adji Seputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Industri Kreatif Untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Ekonomi Lokal (Studi Kasus Pada UMKM Center Provinsi Jawa Tengah Produk Penganan dan Minuman) . seluruh UMKM penganan ringan yang terdaftar di UMKM Center Provinsi Jawa Tengah dan masih aktif sampai tahun 2020 dan terletak di kecamatan Banyumanik sebanyak 124 UMKM . Pertimbangan pada keriteria pemilihan sampel yang telah ditentukan. Adapun kriterianya adalah sebagai berikut :Usaha Mikro Kecil Menengah yang terdaftar, masih aktif beroperasi, dan bersedia memberikan informasi yang dibutuhkan peneliti. Output SPSS menunjukkan Bentuk laporan keuangan UMKM Binaan UMKM Center Jawa Tengah di Wilayah Banyumanik Kota Semarang masih sederhana atau belum sesuai SOP yang ada, sehingga agar lebih ditingkatkan kinerjanya untuk menghasilkan profitabilitas yang tinggi menghadapi daya saing pelaku ekonomi lokal.Penerapan Strategi untuk meningkatkan daya saing ekonomi lokal pada UMKM Binaan UMKM Center di Wilayah Banyumanik Kota Semarang masih sangat rendah, hal ini dikarenakan masih rendahnya pengetahuan pengusaha mikro kecil menengah mengenai pentingnya inovasi, motivasi, dan strategi bagi perkembangan UMKM. Pengusaha mikro kecil menengah beranggapan bahwa pencatatan laporan keuangan merupakan hal yang rumit, sehingga mereka lebih memilih pencatatan laporan keuangan sederhana saja yang sesuai kebutuhan usahanya. Padahal itu mempengaruhi agar produk penganan mereka dan berdampak pada profitabilitas yang ada.
Kata Kunci : Pengembangan Industri Kreatif, UMKM, dan Profitabilitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.