THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND BRAND IMAGE ON BUYING DECISIONS ON MUSLIMAH FASHION WITH WORD OF MOUTH AS INTERVENING VARIABLES (Case study on Jinawi Hijab and Rochmy Hijab consumers)

Dinar Argi, Leonardo Budi Hasiholan, Cici Harini

Abstract


Penelitian ini dilakukan guna melihat hasil analisis social media marketing dan brand image yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Jinawi Hijab dan Rochmy Hijab dengan variabel word of mouth sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian di Jinawi Hijab dan Rochmy Hijab yang dirata-rata dari jumlah pengunjung setiap minggunya yaitu sebanyak 300 orang. . Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel ditentukan dengan rumus Slovin. Dari jumlah populasi sebanyak 300 pelanggan Jinawi Hijab dan Rochmy Hijab, dengan persentase ketidakakuratan pada kesalahan sampel ditetapkan 10%, maka dapat diperoleh sampel sebesar 75 responden. Instrumen penelitian diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang kemudian diolah dengan analisis regresi linier berganda dibarengi dengan uji sobel dalam program SPSS versi 26.0. Hasil analisis menggambarkan bahwa (1) social media marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, (2) brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, (3) social media marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (5) word of mouth secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (6) word of mouth tidak mampu memediasi hubungan pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian, (7) word of mouth tidak mampu memediasi hubungan pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : Social Media Marketing, Brand Image, Word of Mouth, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.