"SWOT ANALYSIS IN IMPROVING COMPETITIVENESS IN TAKOYAKI 48 (Case Study Anninda Sirojudin Tembalang Semarang Outlet)"

Hendri Suharyadi, Cicik Harini, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan (1) dengan tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang sesuai pada CV Patlapan Mandiri Primafood pada tahun 2019.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan konsep Fred R. David (2) yaitu melalui tahap perumusan strategi yaitu input stage dan matching stage. Pada input stage menggunakan internal factory analysis summary (IFAS ) matrix dan external factory analysis summary (EFAS) matrix. Dan tahap yang terakhir adalah menggunakan SWOT Matrix dan internal – eksternal (IE) . Berdasarkan hasil IFAS dan EFAS (1) , dapat diketahui total nilai untuk IFAS adalah sebesar 3,145 sedangkan hasil EFAS adalah sebesar 2,778 Pada mathcing stage pada matrix SWOT didapatkan beberapa kemungkinan alternatif strategi dengan cara menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang, memanfaatkan peluang buntuk mengatasi kelemahan, menggunakan kekuatan untuk menghindari ancaman, dan meminimalisasikan kelemahan dan menghindari ancaman. (2) Pada matrik internal eksternal ( IE ) diketahui CV Patlapan Mandiri Primafood Semarang berada pada fase pertumbuhan usaha.(3) Hasil ini dibuktikan pada matriks internal dan eksternal SWOT yang menunjukan keadaan perusahaan berada pada sel 1. (4) Strategi yang tepat diterapkan untuk CV Patlapan Mandiri Primafood saat ini adalah dengan strategi SO ( Strength Opportunities ).
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, IFAS DAN EFAS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.