"THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES IN RAMAI SWALAYAN CONSUMERS ABDURAHMAN SALEH SEMARANG"

Piton Adiguna Subroto, Dheasey Amboningtyas, Leonardo Budi Hasiholan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pelanggan ramai swalayan Abdulrahman Saleh Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah Customer/ Pelanggan Ramai Swalayan Abdul Rahman Shaleh. Dalam penelitian ini diambil dengan teknik metode sensus , yaitu teknik yang memberikan kesempatan atau peluang yang tidak sama bagi setiap anggota populasi atau semua unsur dipilih sebagai sensus . yakni jumlah keseluruhan populasi dapat dijadikan sebagai jumlah sampel dalam penelitian ini, sehingga sensus ditentukan sebesar 75 orang. Output SPSS menunjukkan.Variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan tidak mampu memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.Variabel harga tidak mampu memediasi hubungan antara harga terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.