PENGARUH SISTEM MANAJEMEN SDM BERBASIS KOMPETENSI DAN PENILAIAN PRESTASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PTPN IX SEMARANG

Setiyono, M. Magdalena Minarsih, Mukeri

Abstract


Faktor-faktor  yang mempengaruhi  kinerja  adalah  personal  factors  yang  ditentukan  oleh  tingkat keterampilan, kompetensi yang dimiliki, motivasi, komitmen individu, leadership factor, team factors, system factors, dan contextual/situasional factors. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem manajemen SDM  berbasis  kompetensi dan penilaian prestasi  kerja terhadap kinerja pegawai PTPN IX Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Bagian Umum PTPN IX Semarang sebanyak 225 dengan sampel sebanyak 70 responden dengan teknik sampel simple random sampling.  Analisis data yang digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan dari variabel sistem manajemen SDM  berbasis  kompetensi terhadap kinerja  pegawai PTPN IX Semarang dengan nilai koefisien regresi sebesar  0,605 dan nilai t hitung (4,103) > t tabel (1,995). Ada pengaruh negatif signifikan dari variabel penilaian prestasi  kerja  terhadap kinerja  pegawai PTPN IX Semarang dengan nilai koefisien regresi sebesar  0,435 dan nilai t hitung (8,889)< t tabel (-1,995). Ada pengaruh yang signifikan dari variabel sistem manajemen SDM  berbasis  kompetensi dan penilaian prestasi kerja terhadap kinerja  pegawai PTPN IX Semarang dengan nilai F hitung (25,223) >  F tabel (3,136) dan sign (0,000).

Hendaknya pihak PTPN IX Semarang meningkatkan sistem manajemen SDM berbasis kompetensi dengan mempertimbangkan faktor kemampuan dari karyawan.

 

Kata Kunci :  sistem manajemen SDM  berbasis  kompetensi, penilaian prestasi  kerja, kinerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.