PENGARUH STRATEGI REKRUTMEN, SELEKSI DAN PENEMPATAN PEGAWAI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SEMARANG (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Semarang)

Zulianti, Leonardo B H, Mukeri

Abstract


Berhasil atau tidaknya suatu instansi dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan, sangat bergantung pada kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang dimilikinya. Karena begitu pentingya faktor sumber daya manusia itu, maka sudah semestinya apabila Instansi Pemerintah memberikan perhatian yang serius terhadap kemampuan faktor sumber daya manusia ini dalam menunjang pencapaian tujuan Instansi Pemerintah. Salah satu yang telah dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang, dengan cara rekrutmen untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas. Selain rekrutmen maka perlu juga diadakan seleksi bertujuan untuk memperoleh pegawai yang sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dengan diadakan penempatan kerja yang sesuai diharapkan para pegawai dapat memberikan hasil kerja yang baik dan menghasilkan pegawai yang berprestasi atau teladan.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan rekrutmen, seleksi, dan penempatan kerja pegawai yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang, selain itu untuk mengetahui bagaimana Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan untuk mengetahui terapan teori SDM dan pengaruh strategi rekrutmen, seleksi dan penempatan kerja terhadap prestasi kerja pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang .

Berdasarkan analisis data, dapat ditarik beberapa kesimpulan pada saat dilakukan pengolahan regresi linier berganda. Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas, uji determinasi, serta lolos dari uji normalitas kemudian bebas dari multikolonearitas dan heteroskedastisitas.

Hasil perhitungan statistik mengenai rekrutmen, seleksi dan penempatan kerja terhadap prestasi kerja pegawai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang ternyata ternyata diketahui ada pengaruh yang positif dan signifikan antara rekrutmen, seleksi dan penempatan kerja terhadap prestasi kerja pegawai. Dibuktikan dengan hasil F hitung (21,061) > F Tabel ( 2.76). Dan variabel independen rekrutmen mempunyai pengaruh yang sangat besar di antara variabel independel seleksi (X2), dan penempatan kerja (X3), karena variabel rekrutmen (X1) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,377 jika sibandingkan dengan variabel seleksi (X2) koefisien regresinya sebesar 0,234, sedangkan penempatan kerja (X3) memiliki nilai koefisien regresinya sebesar 0,314.

 

Kata Kunci : Rekrutmen, Seleksi, Penempatan Kerja, Prestasi Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.