ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Rumah Makan Lombok Idjo Cabang Gajah Mada di Kota Semarang)

Yana Yulianto, Dheasey Amboningtyas, Adji Seputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui investigasi dampak kualitas administrasi dan loyalitas konsumen terhadap dedikasi klien (Analisis kontekstual di Kafe Gajah Mada Lombok Idjo Kota Semarang) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tamu ke atas sebanyak 27.741 orang dalam 1 tahun mulai dari Januari 2019-Januari 2020. Pengujian dalam penyelidikan ini menggunakan pemeriksaan sewenang-wenang secara sengaja dengan kesalahan 5%. Dengan tujuan agar contoh yang diperoleh sebanyak 100 responden dalam 1 tahun. Hasil SPSS menunjukkan bahwa variabel kualitas administrasi sebagian besar memiliki pengaruh positif dan kritis terhadap kegigihan klien. Faktor loyalitas konsumen sebagian besar memiliki dampak positif dan kritis pada ketergantungan klien. Faktor kualitas administrasi dan loyalitas konsumen memiliki pengaruh yang positif dan besar pada ketergantungan klien. Gabungan dari kedua faktor ini terbukti sangat mempengaruhi ketabahan klien. Kedua faktor ini dapat memberikan keuntungan besar bagi Lombok Idjo Café, termasuk memiliki pilihan untuk mendapatkan SDM yang berkualitas, dapat memperoleh pembukaan bisnis yang lebih menonjol, dapat membangun latihan periklanan agar lebih ahli dan pendukung keuangan akan tertarik dan percaya pada pameran Eatery. Lombok Idjo. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.