PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Afifah Aini

Abstract


Penelitian ini didorong oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah merambah ke sektor bisnis. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi “pengaruh online customer review dan rating terhadap keputusan pembelian di Shopee, dengan minat beli sebagai variabel perantara”. Studi ini memakai pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling, melibatkan 100 responden dari Kabupaten Semarang yang merupakan pengguna Shopee. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang dibagikan melalui Google Form. Analisa data dilakukan menggunakan analisis jalur untuk mengevaluasi pengaruh mediasi variabel minat beli, dibantu oleh program IBM SPSS 25. Hasil penelitian memperlihatkan bila ulasan pelanggan online dan rating mempengaruhi signifikan positif pada keputusan pembelian, serta minat beli konsumen. Selain itu, ulasan pelanggan online dan rating melalui minat beli mempengaruhi signifikan positif pada keputusan pembelian.
Kata Kunci: Online customer review, Rating, Minat Beli, Keputusan Pembelian
ABSTRACT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.