STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA USAHA KULINER DIMSUM IBOEK DI SEMARANG

Sudariyah Sudariyah, Dewi Fatmasari, Sinta Petri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi bauran pemasaran (marketing mix) pada usaha Dimsum Iboek di Semarang. Metode yang digunakan metode kualitatif pendekatan analisis deskriptif. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan marketing mix yang terdiri dari produk (produk), harga (price), promosi (promotion) dan tempat atau saluran distribusi (place) telah dilakukan dengan baik pada usaha Dimsum Iboek. Selain itu analisis SWOT
(Strengths, Weekness, Opportunities, Threats) dengan menganalisa beberapa faktor internal yang dapat mendukung maupun menghambat kemajuan bisnis dan faktor eksternal yang dapat mendukung dan menjadi penghambat usaha yang dilakukan. Berdasarkan hasil observasi dilapangan, usaha Dimsum Iboek dapat menambah varian topping agar Dimsum yang dihasilkan lebih kekinian, memberikan harga promo pada waktu tertentu, memperluas
strategi pemasaran baik di kota Semarang maupun diluar kota Semarang dengan melakukan kerjasama dengan Gofood, Grabfood, Agen Bis antar kota, Biro Tour atau membuka outlet dengan cara franchise atau konsinyasi, meningkatkan intensitas promosi untuk menarik pembeli melalui aplikasi delivery online
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, SWOT, Delivery Online

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.