PENGARUH KEPUASAN KERJA, MOTIVASI, NILAI ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZESHIP BEHAVIOR (OCB) ( Studi kasus pada RS. Telogorejo semarang)

Septia Yuli Hapsari

Abstract


Penelitian ini dengan judul Pengaruh KepuasanKerja, Motivasi, nilaiorganisasi terhadap Organizational Citizenship Behaviorpada RumahSakit Telogorejo Semarang .SumberDaya Manusia merupakan sumberdaya yang sangat penting di dalam suatu organisasi, baik organisasi besar maupun organisasikecil.SumberDayaManusia paling menentukan dibandingkan dengan mesin atau sumber perangkat apapun ada di dalam organisasi itu.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja, motivasi, nilai organisasi terhadap Organizational Citizenship behavior

Pada RumahSakit Telogorejo Semarang Berdasarkan metode Purposive Sampling.Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda.

            Hasil analisa regresi linear berganda (output SPSS Versi 19.0 ) menunjukkan variabel Kepuasan kerja t hitung sebesar 3,485 dengan nilai signifikansi untuk koefisien regresi X1 0,001 atau lebih kecil dari alpha 0,05 (5%). Maka hipotesis nol (H0) dalam penelitian ini ditolak dan menerima hipotesis alternative(Ha).Jadi dapat disimpulkan bahwa Kepuasan Kerja Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, artinya Variabel Kepuasan Kerjaakan berpengaruh positif signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. Hasil analisa regresi linear berganda (output SPSS versi 19.0) menunjukkan variabel Motivasi t hitung  sebesar 3,678 dengan nilai signifikans iuntuk koefisien regresi X2 0,000 atau lebih kecil dari alpha 0,05 (5%). Maka hipotesis nol (H0) dalam penelitian ini ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha).Jadi dapat disimpulkan bahwa Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior, artinya Motivasi akan mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior

            Berdasakan hasil analisa regresi linear berganda (output SPSS versi 19.0) menunjukkan variabel Nilai Organisasi  t hitung sebesar – 2.665 dengan nilai signifikansi untuk koefisien regresi X3 0,068 atau lebih besar dari alpha 0,05 (5%). Maka hipotesisnol (H0) dalam penelitian ini diterima dan menolak hipotesisal ternatif (Ha). Jadi dapat disimpulkan bahwa Nilai Organisasi tidak berpengaruh dan negative terhadap Organizational Citizenship Behavior, artinya Nilai Organisasi tidak mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior.

 

Kata kunci      :KepuasanKerja, Motivasi, NilaiOrganisasi, Organizational Citizenship Behavior. (OCB)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.