PENGARUH KUALITAS PRODUK, SALURAN DISTRIBUSI DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CV. DAVINDO JAYA SEMARANG

Siti Lestari, Leonardo Budi Hasiolan, Andi Tri Haryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendiskripsikan pengaruh langsung dan tidak langsung antara kualitas produk, saluran distribusi dan strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian pengguna produk CV. Davindo Jaya. Populasinya adalah konsumen produk CV. Davindo Jaya Semarang. Sedangkan sampelnya adalah konsumen produk CV. Davindo Jaya Semarang selama satu tahun sebanyak 108 responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Inferensial (kuantitatif), dimana dalam analisis tersebut menggunakan paket program SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, saluran distribusi dan strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian adalah signifikan. Nilai t hitung dan signifikansi hitung semua variabel penelitian lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 1,6595 dan lebih kecil dari signifikansi tabel 0,05. Sedangkan hasil uji signifikansi simultan (uji F) menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 164,853 lebih besar dari pada F tabel yaitu 2,69 dan signifikansi F hitung sebesar 0,000 lebih kecil dari pada F tabel yaitu 0,05. Dan Adjusted R square 0,821 menunjukkan bahwa 82,1 persen dari varian keputusan pembelian adalah dijelaskan oleh variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan 17,9 persen lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

 

Kata kunci : produk, distribusi, pemasaran, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.