PENGARUH JOB DEMAND DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA DENGAN BURNOUT SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA KARYAWAN RUMAH SAKIT BANYUMANIK SEMARANG

Casmiati, Azis Fathoni, Andi Tri Haryono

Abstract


Pelayanan menjadi hal yang penting bagi rumah sakit di Indonesia. Angka BOR pada RS. Banyumanik masih dibawah standar yaitu sebesar  59,7% pada tahun 2012 dan turun menjadi 58,3% pada tahun 2013 , rendahnya angka BOR menunjukan kualitas kinerja karyawan yang kurang Kurangnya sumber daya manusia di RS. Banyumanik Semarang menyebabkan beberapa karyawan mengemban tugas lebih dari satu, meski begitu karyawan dituntut untuk bekerja secara profesional. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh job demand dan kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan dengan burnout sebagai variabel moderating ?”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis variabel job demand (x1) dan kecerdasan emosional (x2) yang dimoderasi oleh burnout z) terhadap kinerja karyawan (y).

Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 119 Karyawan dengan jumlah sampel sebanyak 100  karyawan Rumah Sakit Banyumanik Semarang, analisis meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji f dan uji t serta uji analisis R2 dengan analisis regresi linear berganda untuk membuktikan hipotesis penelitian.

Hasil penelitian menunjukan bahwa job demand dengan moderasi burn out memiliki pengaruh positif yang signifikansi terhadap kinerja karyawan dengan nilai t hitung > t table (4,756 > 1,67), kecerdasan emosional dengan moderasi burnout memiliki pengaruh positif yang signifikansi terhadap kinerja karyawan dengan nilai t hitung > t tabel ( 6,331> 1,67), hasil uji F model pertama F hitung > F table ( 96,229 > 3,09)  dan uji F model kedua F hitung > F tabel (108,948 > 3,09) artinya bahwa secara simultan job demand dan kecerdasan emosional yang dimoderator oleh burnout mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan RS. Banyumanik.

 

 

Kata kunci : Job Demand, Kecerdasan Emosional, Burnout, Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.