PENGARUH MANFAAT MEREK, KEKUATAN ASOSIASI MEREK, DAN KEUNIKAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DALAM MEMBELI AIR MINUM KEMASAN MEREK AQUA DI KECAMATAN SEMARANG BARAT

Deny Setyawan, Astuti Hapsari, Rendra Prianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manfaat merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan merek terhadap loyalitas konsumen dalam membeli air minum kemasan merek AQUA di Kecamatan Semarang Barat.

Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan mengkonsumsi produk AQUA di kota Semarang sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan criteria antara lain : konsumen minimal membeli air minum dalam kemasan merek Aqua 3 kali dalam sebulan, dan konsumen berumur minimal 17 tahun dan berdomisili di kota Semarang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Manfaat Merek terhadap Loyalitas Konsumen, (2) secara parsial (individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kekuatan asosiasi merek terhadap loyalitas konsumen, (3) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keunikan merek terhadap loyalitas konsumen.

Saran penelitian ini yaitu pihak manajemen air minum dalam kemasan AQUA perlu mempertimbangkan indikator-indikator tentang manfaat merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan merek karena terbukti berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.

Kata kunci : manfaat merek, kekuatan asosiasi merek, keunikan merek dan loyalitas konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.