ANALISIS PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PIZZA HUT SEMARANG

Desi Amita S, Maria Mimin Minarsih, Azis Fathoni

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada PT Pizza Hut yang terletak di Jl. Pandanaran Semarang. Yang bertujuan untuk menganalisis apakah ada Pengaruh Store Atmosphere  Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PIZZA HUT yang ada di Semarang, pelanggan pizza hut apakah sudah mempunyai minat beli terhadap produk tersebut, Untuk memberikan minat beli terhadap konsumen PT. Pizza Hut menggunakan pertama: exterior dengan dimensionalisasi bagian depan toko yang bagus, papan nama (Neon Box), pintu masuk yang besar, bentuk bangunan yang besar. Kedua store layout dengan dimensionalisasi Kesesuaian pengalokasian ruang lantai , Kesesuaian pengelompokan produk, Kesesuaian pengaturan pola sirkulasi jalan , Kesesuaian suhu udara. Ketiga interior display dengan dimensionalisasi Kesesuaian penempatan poster atau gambar tentang pilihan produk (menu) , Kesesuaian pemajangan pada hari-hari khusus , Kesesuaian penempatan kursi , Kesesuaian penempatan kasir, adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 76 konsumen. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa: a) exterior mempunyai  pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, hasil ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar  daripada nilai t tabel yaitu 4.929 >  1,925 atau  nilai  signifikasi  t sebesar 0,002 < 0,05. b) store layout mempunyai  pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, hasil ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar  daripada nilai t tabel yaitu 3.765 >  1,925 atau  nilai  signifikasi  t sebesar 0,003 < 0,05. c) interior display mempunyai pengaruh positif dan signifikan minat beli konsumen, hasil ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar  daripada nilai t tabel yaitu 4.437 >  1,925 atau  nilai  signifikasi  t sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian  semakin bagus exterior, store layout, interior display akan semakin menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian terhadap produk tersebut.

 

Kata Kunci : exterior, store layout, interior display, minat beli konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.