ANALISIS PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PIZZA HUT SEMARANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada PT Pizza Hut yang terletak di Jl. Pandanaran Semarang. Yang bertujuan untuk menganalisis apakah ada Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PIZZA HUT yang ada di Semarang, pelanggan pizza hut apakah sudah mempunyai minat beli terhadap produk tersebut, Untuk memberikan minat beli terhadap konsumen PT. Pizza Hut menggunakan pertama: exterior dengan dimensionalisasi bagian depan toko yang bagus, papan nama (Neon Box), pintu masuk yang besar, bentuk bangunan yang besar. Kedua store layout dengan dimensionalisasi Kesesuaian pengalokasian ruang lantai , Kesesuaian pengelompokan produk, Kesesuaian pengaturan pola sirkulasi jalan , Kesesuaian suhu udara. Ketiga interior display dengan dimensionalisasi Kesesuaian penempatan poster atau gambar tentang pilihan produk (menu) , Kesesuaian pemajangan pada hari-hari khusus , Kesesuaian penempatan kursi , Kesesuaian penempatan kasir, adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 76 konsumen. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) exterior mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, hasil ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 4.929 > 1,925 atau nilai signifikasi t sebesar 0,002 < 0,05. b) store layout mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, hasil ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 3.765 > 1,925 atau nilai signifikasi t sebesar 0,003 < 0,05. c) interior display mempunyai pengaruh positif dan signifikan minat beli konsumen, hasil ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 4.437 > 1,925 atau nilai signifikasi t sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian semakin bagus exterior, store layout, interior display akan semakin menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian terhadap produk tersebut.
Kata Kunci : exterior, store layout, interior display, minat beli konsumen
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.