PENGARUH RETAILMIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SWALAYAN ADA SETIABUDI BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Dini Mulyaningsih, Andi Tri Haryono, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Peran  retailing mix (bauran eceran) sangatlah penting dan berpengaruh sekali, tanpa adanya retailing mix yang tepat bagi perusahaan eceran akan mengalami kesulitan dalam pemasarannya, oleh karena itu bauran eceran (retailing mix) yang benar-benar harus diperhatikan diantaranya keluasan dan keragaman produk (product), (price), (place), (promotion) dan pelayanan pelanggan dan penjualan pribadi (personnel). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh retailmix terhadap keputusan pembelian konsumen swalayan ADA Setiabudi Banyumanik Kota Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Swalayan ADA Setiabudi Banyumanik Kota Semarang sebanyak 230.700 orang dengan sampel sebanyak 100 responden dan teknik accidental sampling.. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan relaibilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari variabel fasilitas fisik terhadap keputusan pembelian Swalayan ADA Setiabudi Banyumanik Kota Semarang, dengan nilai koefisien regresi sebesar  0,392 dan nilai t hitung (7,535) > t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel harga terhadap keputusan pembelian konsumen Swalayan ADA Setiabudi Banyumanik Kota Semarang, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,200 dan nilai t hitung (2,420) >  t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Swalayan ADA Setiabudi Banyumanik Kota Semarang, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,095 dan nilai t hitung (2,019) >  t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen Swalayan ADA Setiabudi Banyumanik Kota Semarang, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,293 dan nilai t hitung (3,409) >  t tabel (1,661). Ada pengaruh positif dari variabel fasilitas fisik, harga, promosi dan pelayanan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen Swalayan ADA Setiabudi Banyumanik Kota Semarang, dengan nilai F hitung (43,718) > F tabel (2,469) dan sign (0,000) < sig α (0,05).

 

Kata Kunci: retailmix, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.