PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA C.V. JM JAYA MOTOR SEMARANG

Edy Suryanto, Leonardo Budi H, Azis Fathoni

Abstract


Prestasi kerja merupakan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan kepadanya dengan kesungguhan dan ketepatan waktu sehingga dapat menentukan perkembang kariernya di masa yang akan datang Kepuasan kerja dan  disiplin kerja merupakan salah satu penyebab atau penentu baik buruknya prestasi kerja seorang karyawan dalam suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada CV. Jaya Motor Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Jaya Motor sebanyak 34 orang dengan jumlah sampel 34 karyawan dengan teknik total sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan relaibilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan dari variabel pengaruh antara kepuasan kerja terhadap prestasi kerja karyawan CV. Jaya Motor Semarang, dengan nilai koefisien regresi  0,223 dan nilai t hitung (2,670) >  t tabel (1,694). Ada pengaruh positif signifikan dari variabel disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan CV. Jaya Motor Semarang, dengan nilai koefisien regresi 0,450 dan nilai t hitung (4,623) > t tabel (1,694). Ada pengaruh yang signifikan dari variable kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan CV. Jaya Motor Semarang, dengan nilai F hitung (34,458) > F tabel (3,305) dan sign (0,000) < sign α (0,05).

Hendaknya pihak CV. Jaya Motor Semarang meningkatkan keharmonisan hubungan antar rekan kerja dengan memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi adau berlibur bersama.

 

Kata Kunci: kepuasan kerja, disiplin kerja, prestasi kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.