PENGARUH KOMPENSASI, PELATIHAN DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi pada bagian produksi PT. Glory Industrial Semarang 2C)

Ega Armadani, Maria Mimin M, Patricia Dhiana P

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi, pelatihan, dan dukungan organisasi terhadap prestasi kerja pada PT. Glory Industrial Semarang II. Sampel yang digunakan adalah karyawan PT. Glory Industrial Semarang II dimana jumlah sampel yang ditetapkan pada penelitian sebanyak 91 responen dengan menggunakan metode simple random sampling.

            Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder pada tahun 2011 – 2013. Data tersebut merupakan data dari absensi selama 3 tahun untuk menentukan jumlah prestasi kerja dengan mengacu pada absensi kehadiran karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakanan uji F, uji t dan koefisien determinasi.

            Data – data yang telah diolah dengan menggunakan program SPSS 20.0 menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:

Y = 1.056 + 0.432X1 + 0.224 X2 + 0.339 X3

            Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji statistik bahwa variabel Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja, Pelatiahan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja, dan Dukungan Organisasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja. Dari penelitian ini diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0.503, hal tersebut berarti bahwa 50.3% variabel prestasi kerja dapat dijelaskan oleh variabel independennya yaitu kompensasi, pelatihan, dan dukungan organisasi dan sisanya yaitu sebesar 49.7% dijelaskan oleh variabel – variabel yang lain diluar persamaan.

 

Kata Kunci : kompensasi, pelatihan, dukungan organisasi, prestasi kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.