PENGARUH BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT (BLSM) DAN KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DI KELURAHAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Erwan Oktanto, Leonardo Budi H, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Kebijakan pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak mempengaruhi kehidupan masyarakat karena tidak sebanding dengan kenaikan pendapatan. Program Bantuan Lansung Sementara Masyarakat untuk menyikapi kenaikkan harga bahan bakar minyak juga belum memberikan solusi tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan kenaikkan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga di kelurahan Banyumanik Kota Semarang  dengan sampel 100 orang dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan dari variabel BLSM terhadap perilaku konsumtif  masyarakat di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang dengan nilai koefisien regresi  0,470 dan nilai t hitung (4,253) > t tabel (1,661). Ada pengaruh negatif signifikan dari variabel kenaikkan BBM terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang dengan nilai koefisien regresi sebesar  - 0,140 dan nilai t hitung (-2,089)< t tabel (-1,661). Ada pengaruh yang signifikan BLSM dan kenaikkan Harga BBM terhadap perilaku konsumtif  masyarakat di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang dengan nilai F hitung (13,082) >   F tabel (3,091) dan sign (0,000).

Hendaknya pemerintah pemerintah melakukan survey mendasar untuk menentukan saat dan besarrnya kenaikan BBM.

 

Kata Kunci:  Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), Kenaikkan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Perilaku Konsumtif Masyarakat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.