PENGARUH CITRA MEREK, LOKASI, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MEMBELI BBM DI SPBU GASINDO MEKAR PUTRA SEMARANG
Abstract
Organisasi bisnis jasa yang mempunyai perhatian besar pada kepuasan konsumen, banyak memfokuskan pada masalah bagaimana mempekerjakan dan melatih personel-personel jasa yang terampil, berpengetahuan dan menarik. Namun demikian pendekatan tersebut tidak lagi cukup. Hal itu dikarenakan oleh konsumen yang tidak hanya mengutamakan kualitas namun juga mengutamakan kecepatan dalam pelayanan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, lokasi, kepercayaan, kualitas pelayanan dan minat beli.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan tabungan SPBU GASINDO MEKAR PUTRA Periode tahun 2013 sebanyak 86.601.351. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik sampling berdasarkan kriteria tertentu. Dalam hal ini responden adalah pelanggan SPBU GASINDO MEKAR PUTRA. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji validitas dan Reliabilitas.
Hasil persamaan regresi menunjukkan bahwa Y = 0,477 + 0,193 X1 +0,434 X2 + 0,174 X3 +0,209 X4
- Nilai konstanta 0,477 mempunyai arti bahwa sebelum dipengaruhi oleh variabel-variabel bebas yaitu minat beli bernilai positif
- b1 (nilai koefisien regresi X1) 0,193 citra merk bernilai positif, hal ini dapat diartikan bahwa jika citra merk (X1) ditingkatkan sedangkan variabel lain adalah tetap (konstan) maka minat beli juga akan meningkat
- b2(nilai koefisien regresi X2) 0,434 lokasi bernilai positif, hal ini dapat diartikan bahwa jika lokasi (X2) ditingkatkan sedangkan variabel lain adalah tetap (konstan) maka minat beli juga akan meningkat.
- b3(nilai koefisien regresi X3) 0,174 kepercayaan bernilai positif, hal ini dapat diartikan bahwa jika kepercayaan (X3) ditingkatkan sedangkan variabel lain adalah tetap (konstan) maka minat beli juga akan meningkat.
- b4(nilai koefisien regresi X4) 0,209 kualitas pelayanan bernilai positif hal ini dapat diartikan bahwa jika kualitas pelayanan (X4) ditingkatkan sedangkan variabel lain adalah tetap (konstan) maka minat beli juga akan meningkat.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara citra merk terhadap minat beli , artinya apabila citra merk meningkat maka minat beli akan meningkat. Terdapat pengaruh antara lokasi terhadap minat beli , artinya apabila lokasi meningkat maka minat beli akan meningkat. Terdapat pengaruh antara kepercayaan terhadap minat beli , artinya apabila kepercayaan meningkat maka minat beli akan menurun Terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap minat beli , artinya apabila kualitas pelayanan terjangkau maka minat beli akan meningkat Terdapat pengaruh antara pelayanan terhadap minat beli , artinya apabila pelayanan meningkat maka minat beli akan meningkat.
Kata kunci : citra merek, lokasi, kepercayaan, kualitas pelayanan dan minat beli
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.