PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH PADA PERUMAHAN BUKIT SEMARANG BARU (BSB) CITY DI SEMARANG

Kuat Supriyono, Leonardo Budi Hasiolan, Mukeri

Abstract


Penelitiam ini terletak di Bukit Semarang Baru (BSB) Semarang, tepatnya di Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Perumahan Bukit Semarang Baru BSB ini dikembangkan oleh PT Karyadeka Alam Lestari dengan luas lahan terbesar di Kota Semarang yaitu seluas 1000 hektar. Keputusan konsumen dalam melakukan pembelian melalui tiga faktor. pertama: Produk dengan dimensionalisasi desain, spesifikasi, Kelayakan (properness). Kedua Persepsi Harga dengan dimensionalisasi Harga terjangkau, Kesesuaian harga, Daya saing harga, Kesesuaian hargadengan manfaat produk. Ketiga Promosi dengan dimensionalisasi Jangkauan promosi, kuantitas penayangan iklan di media promosi, kualitas pesan dalam penayangan iklan dimedia promosi. Adapun jumlah yang menjadi kuesioner adalah 100 pelanggan dengan menggunakan kuesioner dan Tanya jawab. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa: a) Produk mempunyai  pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah, hasil ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar  daripada nilai t tabel yaitu 0,356 > 0,166. Dengan demikian  kualitas produk semakin baik, maka keputusna konsumen dalam membeli rumah, semakin meningkat. b) harga mempunyai  pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah, hasil ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar  daripada nilai t tabel yaitu 0,387>  1,661. Dengan demikian harga mempunyai  pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah. c) Promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah, hasil ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar  daripada nilai t tabel yaitu 0,228 >  1,661. Dengan demikian  Promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah.

 

 

Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, keputusan konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.